Sistem Pendaftaran Perkara Secara Online
Pengadilan Agama Surabaya
Prosedure Pendaftaran Perkara Online
Mohon dibaca dengan seksama. Ikuti urutan langkah-langkahnya sesuai prosedur yang diberikan.
1 Pemohon/Penggugat membuat sendiri surat gugatan/permohonan.
Lihat contoh surat gugatan/permohonan pada menu samping.
2 Pemohon/Penggugat mengirimkan surat permohonan/gugatan yang telah ditandatangani oleh Pemohon/Penggugat melalui form pendaftaran perkara.
3 Jika Pemohon/Penggugat memakai kuasa hukum, harus dilampirkan surat kuasa yang sudah ditandatangani oleh Pemohon/Penggugat dan kuasa hukum Pemohon/Penggugat serta melampirkan fotokopi kartu tanda pengenal Advokat (ID Card) yang masih berlaku.
4 Setelah mengisi form pendaftaran perkara online, taksiran perhitungan panjar biaya perkara dilakukan secara otomatis oleh sistem sesuai dengan perhitungan biaya panggilan pada alamat yang dimasukkan.
5 Pemohon/Penggugat membayar panjar biaya perkara melalui Bank BNI Syariah Dharmawangsa Surabaya dengan nomor rekening : 0325899101 atas nama RPL 135 PA Surabaya untuk PDT biaya perkara dengan mencantumkan nama pemohon/penggugat (pendaftar).
6 Bukti pembayaran panjar biaya perkara dari bank, pada hari itu juga harus dikonfirmasikan pada kelengkapan berkas perkara melalui menu upload Scan Bukti Pembayaran sebelum kas ditutup (pada hari itu sebelum jam kerja penutupan kasir).
7 Setelah dikonfirmasi oleh petugas pendaftaran Pengadilan Agama Surabaya (Petugas Meja 1), bahwa panjar biaya perkara sudah dibayar, maka akan dibuatkan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dan diberikan nomor registrasi pendaftaran perkara (perkara Anda sudah terdaftar di Pengadilan Agama Surabaya). Pengadilan akan memberitahukan Nomor Perkara melalui email kepada Pemohon/Penggugat.
8 Pendaftaran selesai, Pemohon/Penggugat menunggu surat panggilan sidang yang akan ditujukan kepada Pemohon/Penggugat dan Termohon/Tergugat, sesuai dengan alamat yang terlampir dalam surat gugatan/permohonan.
9 Pada sidang pertama, Pemohon/Penggugat harus menyerahkan surat gugatan/permohonan asli (sejumlah 6 rangkap), surat kuasa asli (jika memakai kuasa hukum),dan tanda bukti pembayaran asli dari pihak bank diserahkan kepada petugas Petugas Meja 1 Pengadilan Agama Surabaya untuk divalidasi di kasir Pengadilan Agama Surabaya dan menerima (SKUM) asli dari kasir.
10 Bagi yang menggunakan kuasa, surat kuasa harus didaftarkan kepada petugas pendaftaran Pengadilan Agama Surabaya (Petugas Meja 1) pada sidang pertama.
11 Surat gugatan/permohonan yang sudah dikirim (diupload) tidak bisa diubah kecuali dalam persidangan.
12 Pendaftaran dilakukan pada hari dan jam kerja, pendaftaran diluar jam kerja akan direspon pada hari dan jam kerja berikutya.




Pengadilan Agama Surabaya, Jl. Ketintang Madya IV/3 Surabaya